skip to Main Content

Capaian Pembelajaran (CP) lulusan Program Studi Teknologi Pangan Universitas Al Azhar Indonesia memenuhi 4 (empat) aspek kompetensi, yaitu (1) aspek sikap, (2) aspek pengetahuan, (3) aspek keterampilan umum dan (4) aspek keterampilan khusus. Capaian pembelajaran Program Studi Teknologi Pangan UAI adalah sebagai berikut:

No. Capaian Pembelajaran (CP)
1. Aspek Sikap 
  1. Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasakan agama, moral, dan etika.
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila.
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta tanggungjawab pada negara dan bangsa.
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinil orang lain.
  6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pangan secara mandiri.
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
2. Aspek Pengetahuan
Kimia Pangan dan Analisis Pangan:

  1. Mampu menjelaskan kejadian kimia utama yang mendasari sifat dan reaksi berbagai komponen pangan.
  2. Mampu menjelaskan cara pengendalian reaksi-reaksi kimia yang terjadi di dalam bahan pangan.
  3. Mampu menjelaskan kaitan reaksi kimia dengan mekanisme kerusakan dan umur simpan bahan pangan.
  4. Mampu menjelaskan prinsip teknik dan metode analisis pangan.
  5. Memiliki keterampilan dalam melakukan berbagai teknik analisis kimia dasar dan terapan pada bahan pangan.
  6. Memilih teknik analisis pangan yang sesuai dengan karakteristik bahan dan kebutuhan.

Mikrobiologi dan Keamanan Pangan:

  1. Mengidentifikasi mikroba patogen dan penyebab kerusakan pangan serta kondisi pertumbuhannya
  2. Menjelaskan faktor-faktor lingkungan yang mempengaruhi pertumbuhan mikroba.
  3. Mengidentifikasi kondisi untuk menginaktivasi dan membunuh mikroba pembusuk dan patogen.
  4. Menjelaskan prinsip-prinsip pengawetan dan pengolahan pangan dengan proses fermentasi.
  5. Menjelaskan dan memiliki keterampilan dalam melakukan teknik analisis mikrobiologi dalam bahan pangan.

Rekayasa dan Proses Pengolahan Pangan:

  1. Mampu menjelaskan karakteristik bahan baku, ingredien dan bahan tambahan pangan dan pengaruhnya terhadap karakteristik produk pangan/hasil pertanian yang dihasilkan.
  2. Mampu menjelaskan mekanisme kerusakan bahan pangan dan mengidentifikasi cara pengendaliannya.
  3. Mampu menjelaskan kesetimbangan massa dan energi dalam proses pengolahan pangan.
  4. Mampu menjelaskan prinsip proses transfer panas dan massa dalam proses pengolahan pangan.
  5. Mampu menjelaskan prinsip unit operasi dan unit proses di industri pangan.
  6. Mampu mengidentifikasi unit operasi dan peralatan proses yang sesuai dalam proses pengolahan pangan.
  7. Mampu menjelaskan prinsip dan teknik penanganan dan pengolahan pangan, serta pengaruh parameter proses terhadap mutu, keamanan dan umur simpan produk pangan.
  8. Mampu menjelaskan karakteristik dan penggunaan bahan pengemas.
  9. Mampu menjelaskan persyaratan air untuk pengolahan pangan dan cara pengelolaan limbah dari pengolahan pangan.
  10. Mampu memahami konsep syariat islam tentang kehalalan produk pangan, pengolahan pangan, serta kaitan pangan halal terhadap kesehatan.

Biokimia Pangan:

  1. Mampu menjelaskan proses biokimia dan hubungan antara konsumsi pangan dengan status gizi dan kesehatan.
  2. Mampu menjelaskan proses pencernaan dan metabolisme zat gizi.
  3. Mampu menjelaskan perbedaan zat gizi dan pangan fungsional dalam hubungannya dengan kesehatan dan kebugaran.
  4. Mampu menjelaskan perubahan zat gizi selama pengolahan dan penyimpanan.
  5. Mampu menjelaskan teknik laboratorium yang umum diaplikasikan dalam biokimia dan evaluasi nilai biologis pangan.
3. Aspek Keterampilan Umum
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  4. Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
  7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
4. Aspek Keterampilan Khusus
  1. Mampu menerapkan dan menginkorporasikan prinsip-prinsip ilmu pangan dalam praktek dan kondisi nyata di industri pangan.
  2. Menguasai prinsip dasar evaluasi sensori/penilaian inderawi bahan pangan.
  3. Memilih teknik pengemasan dan penyimpanan pangan dalam memperpanjang umur simpan produk pangan.
  4. Mampu menerapkan prinsip statistika dan komputer di bidang pangan.
  5. Mengembangkan produk pangan halal berdasarkan prinsip-prinsip ilmu pangan.
  6. Mampu menerapkan sistem penjaminan mutu dan pangan halal dalam rantai proses pengolahan pangan.
  7. Mampu menerapkan prinsip pembersihan dan sanitasi dalam pengolahan pangan.
  8. Mampu menerapkan peraturan dan manajemen keamanan pangan.
  9. Mampu memahami isu mutakhir dalam bidang pangan.
  10. Mampu membuka wira usaha pangan halal.
Back To Top