skip to Main Content

Seminar Foodbank bersama FoodCycle Indonesia

“Journey to Sustainable Development through Practical Collaboration with Food Bank”

Assalamu’alaikum wr. wb.,

Indonesia adalah negara dengan jumlah food waste terbanyak kedua di dunia. Namun, di negeri ini pada waktu yang bersamaan, masih banyak orang-orang yang kelaparan dan mengalami malnutrisi. Oleh karena itu, FoodCycle hadir sebagai lembaga nonprofit dengan upaya untuk melayani yang membutuhkan melalui penyaluran dan pendistribusian makanan berlebih dari berbagai sumber. FoodCycle sendiri juga melakukan banyak kolaborasi, salah satunya yaitu dengan menampung limbah tomat (bagian dalam dari tomat yang tidak digunakan oleh industri) untuk diolah dan dijadikan saus.

FoodCycle bekerja sama dengan beberapa instansi seperti TheGlobal Foodbanking, ibcsd, MPR-RI, GRASP2030 dan GAPMMI, menyelenggarakan seminar mengenai bank pangan dengan tema “Journey to Sustainable Development through Practical Collaboration with Food Bank”. Keynote speaker pada seminar ini yaitu Mr. Craig A. Nemitz yang juga merupakan APAC Field Services Director of The Global Foodbanking Network.

Perwakilan dari Program Studi Teknologi Pangan turut hadir sebagai undangan dalam perhelatan ini. Melalui seminar yang diselenggarakan oleh FoodCycle, banyak sekali pengetahuan baru yang diperoleh terkait dengan bank pangan atau yang lebih dikenal dengan food bank. Materi yang disampaikan berkaitan dengan food bank dan food waste serta bagaimana beberapa lembaga yang bersangkutan, memanfaatkan makanan yang tersisa tetapi masih layak untuk dapat diolah kembali dan didistribusikan kepada orang yang membutuhkan. Pada acara ini juga, seluruh undangan diberikan snack carrot cake yang terbuat dari wortel, yang sebelumnya sudah tidak dimanfaatkan di supermarket.

Wassalamu’alaikum wr.wb.,

 

Penulis :

Sefira Putri Liana

Mahasiswi Teknologi Pangan Universitas Al Azhar Indonesia

Back To Top