Assalamu’alaikum wr. wb.,

Program Studi Teknologi Pangan Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) bersama dengan Perhimpunan Ahli Teknologi Pangan Indonesia (PATPI) Jakarta mengadakan acara Friday Talk. Friday Talk merupakan series acara yang diadakan oleh PATPI Jakarta berupa webinar mengenai topik-topik ilmiah. Friday Talk ini dilaksanakan PATPI Jakarta bersama dengan berbagai universitas di Jakarta secara bergiliran.

Pada hari Jum’at 24 Juni 2022, Friday Talk diadakan bersama Prodi Teknologi Pangan Universitas Al Azhar Indonesia. Topik diskusi ilmiah kali ini membahas mengenai efek vitamin A terhadap mikrobiota usus ibu dan bayi dengan narasumber Bapak Lukman Azis, S.TP., M.Sc yang merupakan Dosen Prodi Teknologi Pangan UAI. Friday Talk kali ini juga dipandu oleh Ibu Maryam Jameelah, S.Si., M.Si yang juga merupakan Dosen Prodi Teknologi Pangan UAI.

Dalam diskusi ini, Bapak Lukman memberikan banyak pengetahuan serta informasi yang sangat berguna khususnya untuk ibu hamil dan ibu menyusui tentang pentingnya konsumsi vitamin A. Informasi lain yang dibahas yaitu fungsi vitamin A dalam proses visual, perkembangan janin dan bayi, perbaikan jaringan, dan imunitas yang baik untuk ibu hamil dan bayi. Selain itu, konsumsi vitamin A juga sangat baik untuk perkembangan mikrobiota baik di dalam usus. Peran vitamin A dalam perkembangan mikrobiota di dalam usus pada ibu dan bayi juga diangkat menjadi topik penelitian saat Bapak Lukman melanjutkan studi S2 ke Thailand. Data dan hasil dari penelitian ini juga dibahas dalam diskusi Friday Talk, dimana kesimpulan yang diperoleh semakin mendukung teori yang disampaikan.

Harapannya, topik yang dibahas dalam Friday Talk kali ini dapat menambah pengetahuan masyarakat mengenai pentingnya konsumsi vitamin A beserta fungsinya, terutama untuk ibu hamil dan menyusui.

Wa’alaikumsalam wr.wb.,

 

Penulis :

Nabila

Mahasiswi Teknologi Pangan Universitas Al Azhar Indonesia