skip to Main Content

Program studi Teknologi Pangan Universitas Al Azhar Indonesia terbagi dalam 4 divisi kompetensi keilmuan dan diarahkan pada kaidah halal foodpreneur, yaitu: Kimia dan Analisis Pangan, Biokimia Pangan, Mikrobiologi dan Keamanan Pangan, serta Rekayasa Proses dan Pengolahan Pangan Halal.

 

 

 

1. Kimia dan Analisis Pangan
Berfokus pada perubahan-perubahan karakteristik fisiko-kimia pangan akibat pengolahan dalam kaitannya dengan perubahan kimiawi komponen pangan tersebut. Selain itu berkaitan pula terhadap pengharuh perubahan sifat kimia komponen pangan terhadap kerusakan dan umur simpan produk pangan serta interaksi antar komponen dalam produk pangan

Beberapa Mata Kuliah Terkait:
a. Kimia Pangan
b. Analisis Pangan
c. Evaluasi Sensori
d. Bahan Tambahan Pangan
e. dll

2. Biokimia Pangan
Berfokus pada senyawa makromolekul seperti karbohidrat, lemak, protein, enzim, asam nukleat dan senyawa energi tinggi. Proses metabolisme (termasuk anabolisme dan katabolisme) senyawa bioorganik utama (karbohidrat, lemak, protein, enzim dan asam nukleat) serta perhitungan energinya.

Beberapa Mata Kuliah Terkait:
a. Biokimia Pangan
b. Metabolisme Komponen Pangan
c. Evaluasi Biologis Komponen Pangan
d. Pangan halal dan Kesehatan
e. dll

3. Mikrobiologi dan Keamanan Pangan
Berfokus pada mekanisme pertumbuhan mikroba, jenis mikroba yang merugikan dan menguntungkan dalam bahan pangan, teknologi fermentasi, kinetika pertumbuhan mikroba pada proses fermentasi, pemaparan mengenai konsep dan definisi mutu, ruang lingkup operasi pengendalian mutu, mengenal sistem akreditasi dan sertifikasi halal baik di Indonesia (nasional) maupun internasional yang berpedoman pada hukum hukum dasar agama islam dan regulasi halal yang berlaku di tingkat nasional maupun internasional serta prinsip jaminan halal dan aplikasinya di industri pangan.

Beberapa Mata Kuliah Terkait:
a. Mikrobiologi Pangan
b. Teknologi Fermentasi
c. Kemanan dan Sanitasi Pangan
d. Jaminan Mutu Pangan
e. HACCP
f. Akreditasi dan Sertifikasi Halal
g. dll.

4. Rekayasa Proses dan Pengolahan Pangan Halal
Berfokus pada operasi pengolahan awal pangan (pembersihan, sortasi, grading, dan pengecilan ukuran), aliran fluida, transfer panas (steady-state dan unsteady-state) dan transfer massa. Juga pemaparan mengenai prinsip halal dalam industri pangan, proses pengolahan pangan halal, perbedaan halal dan haram dalam islam, serta urgensi dari pangan halal.

Beberapa Mata Kuliah Terkait:
a. Satuan Operasi Industri Pangan
b. Prinsip Proses Pengolahan Pangan
c. Prinsip Teknik Pangan
d. Teknologi Pengolahan Pangan
e. Pengolahan Pangan dan Bahan Pangan Halal
f. dll.

Back To Top